Langsung ke konten utama

Pelajari 4 Cara Mendapatkan Manfaat Tomat Untuk Wajah Di Sini

Pelajari 4 Cara Mendapatkan Manfaat Tomat Untuk Wajah Di Sini
Manfaat tomat untuk wajah merupakan salah satu dari sekian banyak kegunaan yang bisa didapatkan dari sayuran berbentuk buah ini. Nutrisi yang dikandung oleh obat telat bulan asli  tomat membuatnya sangat ideal dijadikan menu sehat untuk keluarga di rumah.

Dilihat dari kandungannya, tomat memang pantas dijadikan salah satu bahan diet Anda karena tomat kaya akan vitamin A, C, dan E. Selain itu, terdapat juga flavonoid yang berperan sebagai zat antiradang. Tomat juga mengandung mineral kalium, garam, dan mineral-mineral menyehatkan lainnya.
Kandungan lain dari tomat yang menarik perhatian adalah likopen. Senyawa yang termasuk jenis antioksidan dan bertindak sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas ini dapat membantu dalam melawan kanker prostat, kanker payudara, kanker perut, dan obat datang bulan  gejala-gejala terkait pada degenerasi makula yang terkait usia.

Mengaplikasikan Tomat untuk Kebaikan Wajah

Manfaat tomat untuk wajah kemungkinan besar juga berkat likopen. Sebagai zat antioksidan yang kuat, likopen juga baik dalam melindungi kulit dari berbagai gangguan. Misalnya, menjaga kulit dari efek negatif paparan sinar matahari berlebih merupakan salah satu andalannya.

Beberapa cara berikut bisa diaplikasikan agar wajah mendapatkan manfaat dari tomat. Hal ini terutama bisa dijadikan pilihan bagi mereka yang memiliki kulit wajah berminyak.

Jadikan sebagai pengecil pori-pori
Manfaat tomat untuk wajah salah satunya adalah untuk mengecilkan pori-pori kulit. Campurkan satu sendok makan tomat yang telah dijus dengan 2-4 tetes jeruk nipis segar, lalu kocok kedua bahan tersebut hingga tercampur rata.

Cucilah wajah hingga bersih dan cuci tangan dengan sabun sebelum mengaplikasikan campuran tomat dan perasan air jeruk nipis tadi. Oleskan ke seluruh bagian wajah, terutama bagian yang menurut Anda terdapat minyak berlebih. Biarkan ramuan tomat ini berada di wajah selama 15 menit, bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. Saat dikeringkan dengan handuk, cukup tempelkan handuk dengan pelan tanpa perlu menggosoknya karena berpotensi membuat kulit kemerahan dan teriritasi.

Sebagai masker wajah
Manfaat tomat untuk wajah bisa didapatkan dengan mengaplikasikan tomat secara langsung. Caranya cukup dengan membelah tomat menjadi dua bagian, kemudian gosokkan bagian dalam tomat ke seluruh bagian wajah sambil memerasnya dengan lembut.

Biarkan cairan dalam tomat keluar dan membasuh semua bagian wajah Anda. Setelah merata, biarkan selama setidaknya 15 menit agar menyerap ke dalam pori-pori. Setelah itu, bilas dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali. Membasuh dengan air dingin juga bermanfaat untuk membantu agar tidak terjadi penyebaran bakteri. Jika sudah selesai, keringkan kulit wajah dengan cara menepuk-nepuk perlahan dengan handuk.

Gunakan sebagai masker pendingin wajah
Manfaat tomat untuk wajah lainnya adalah dengan menjadikannya masker pendingin wajah. Cukup hancurkan tomat yang telah diiris menjadi empat bagian hingga lumat. Tambahkan dua sendok yoghurt dan aduk hingga keduanya tercampur merata.

Sebarkan campuran tomat dan yoghurt ini ke seluruh wajah dan diamkan setidaknya selama 20 menit guna mendapatkan hasil optimal. Bersihkan dengan air dingin atau air hangat guna memastikan masker pendingin ini benar-benar telah terbilas sepenuhnya dari wajah Anda.

Penambahan yoghurt dimaksudkan untuk menghindari bahan aditif dan bahan kimia yang tidak diinginkan terserap ke pori-pori. Masker ini juga kemungkinan efektif dalam menghilangkan minyak pada wajah berlebih, mengurangi efek negatif paparan sinar matahari, dan mengurangi keberadaan bekas jerawat.

Masker pembersih berbahan tomat
Untuk membuat masker pembersih dari tomat, cukup iris tomat menjadi empat bagian dan campurkan dengan sebuah avokad yang telah dibelah menjadi dua. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus dan merata. Bahan ini bisa langsung diaplikasikan di wajah tanpa perlu mencuci wajah terlebih dahulu. Namun pastikan cuci tangan terlebih dahulu sebelum membalurkan campuran tomat dan avokad ke wajah.

Gosok campuran tomat dan avokad ini pelan-pelan di wajah, lalu diamkan selama 20-30 menit. Anda juga bisa diamkan sepanjang 45-60 menit agar pori-pori menjadi lebih bersih. Tomat akan bekerja sebagai penghilang minyak dan avokad bertindak sebagai antiseptik dan menghidrasi kulit. Pori-pori yang terbebas dari minyak dan bakteri merupakan salah satu syarat utama agar jerawat dan komedo tidak tumbuh di wajah. Bilas dengan air dingin dan dapatkan kulit wajah lebih muda terutama jika pengaplikasian ini dilakukan secara rutin.

Manfaat tomat untuk wajah juga bisa didapatkan ketika Anda mengonsumsi sayuran ini. Hal ini sangat mungkin mengingat likopen akan lebih baik diserap ketika tomat sudah dimasak atau diolah. Likopen juga larut dalam lemak yang mengindikasikan bahwa senyawa ini lebih mudah diserap saat dikonsumsi dengan makanan yang mengandung lemak nabati. Makanan yang dimaksud bisa berupa telur, avokad, dan minyak zaitun.

Komentar